Ekowisata di Indonesia: 10 Destinasi untuk Kamu yang Cinta Lingkungan

Green Jobs dan Bisnis HIjau: Cara Anti-Gabut Lawan Perubahan Iklim



Terlahir di masa peralihan generasi milenial ke generasi Z membuat produktivitas menjadi suatu hal yang sangat penting bagi kami. Sosial media menggaungkan pentingnya menjadi produktif, menghasilkan prestasi, meraih hal-hal besar, dan sebagainya. Di satu sisi, kami terkadang tertekan oleh tajuk, "umur 25 tahun harus sudah punya rumah" atau "umur 23 tahun tabungan harus Rp100.000.000,00". 

Di sisi lain, kultur produktivitas dan FOMO (fear of missing out) dari generasi Z membuat kami terdorong untuk lebih rajin, lebih produktif, dan mengais keuntungan dari kesempatan yang ada. Saya, sebagai orang yang cukup berminat dengan pelestarian lingkungan dan perubahan iklim, jadi memutar otak untuk mengalihkan energi dan FOMO yang kadang berlebihan ini jadi sesuatu yang positif untuk perubahan iklim. Sampai akhirnya saya mengenal green jobs dan bisnis hijau, cabang sustainability yang mulai marak di Indonesia. 

Green jobs dan bisnis hijau bisa jadi ladang yang cocok untuk generasi Z yang suka FOMO dan suka berambisi. Bayangkan, energi yang besar dan kompetitif tersebut digunakan untuk berlomba-lomba menghasilkan hal yang baik bagi iklim dan lingkungan. Pasti hasilnya potensial, bukan? 

Saya merasa senang dan beruntung dapat mengenal green jobs dan bisnis hijau. Bahkan, saya berkesempatan untuk bekerja di bidang lingkungan dengan keterampilan yang saya miliki. Green jobs dan bisnis hijau mungkin terdengar kurang akrab di Indonesia. Padahal, potensinya banyak sekali! Apalagi dengan fakta bahwa Indonesia merupakan negara megabiodiversitas dan memiliki banyak sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk lingkungan yang lebih hijau. 

Sebelum bercerita lebih jauh, mari kita ngobrol tentang green jobs dan bisnis hijau! Apa sih itu green jobs? Apa itu bisnis hijau dan bagaimana cara menjalankannya? Yuk, kita bahas pertanyaan tersebut bersama-sama! 

Apa Itu Green Jobs? - Definisi dan Contoh

Menurut International Labor Organization (ILO), green jobs merupakan pekerjaan yang dimaksudkan untuk mengurangi dampak lingkungan yang diakibatkan oleh perusahaan dan sektor ekonomi. Green jobs juga mencakup berbagai manfaat lingkungan seperti melestarikan biodiversitas, mengurangi pembentukan limbah, serta menggunakan energi secara efisien. 

Singkatnya, green jobs merupakan pekerjaan yang berdampak baik untuk lingkungan ataupun mengurangi dampak negatif dari lingkungan. Oleh karena itu, green jobs bisa jadi pilihan karir yang bagus untuk anak-anak muda yang peduli terhadap lingkungan. Saat ini, green jobs mulai marak dilakukan di Indonesia dan bahkan sudah didukung oleh pemerintah. Hal ini juga menjadi cara untuk mendukung komitmen Indonesia untuk menurunkan 30% dari emisi karbon nasional di tahun 2030.

Inilah beberapa contoh pekerjaan green jobs di Indonesia:

  1. Teknisi energi terbarukan
  2. Peneliti 
  3. Pemandu wisata ecotourism
  4. Dokter hewan 
  5. Konsultan di bidang lingkungan dan sustainability
  6. Bisnis ramah lingkungan
  7. Corporate Social Responsibility (CSR)
  8. Content Creator
  9. Campaigner
  10. Staff Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) 

Apa Itu Bisnis Hijau? - Definisi dan Contoh

Bisnis hijau atau green business merupakan bisnis yang berorientasi kepada lingkungan dan bertujuan meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan. Bisnis hijau tidak hanya berorientasi kepada keuntungan, tapi juga dampak lingkungan. Kata lain dari bisnis hijau adalah 'bisnis ramah lingkungan'.

Penerapan bisnis hijau itu bermacam-macam dan bervariasi sektornya. Namun, inti dari bisnis hijau adalah meminimalisir dampak buruk dengan lingkungan. Bisnis hijau bisa berupa pemasaran produk ramah lingkungan, produk lokal, jasa untuk mengurangi dampak lingkungan, hingga bisnis yang mau 'membayar' dampak lingkungan dari kegiatan produksinya.

Saat ini, bisnis hijau di Indonesia telah menjamur. Banyak start up ataupun produk yang mulai berorientasi pada lingkungan dan menjadi solusi untuk mitigasi perubahan iklim. Berikut adalah beberapa bisnis hijau yang ada di Indonesia:

1. Bisnis Daur Ulang

Bisnis daur ulang merupakan salah satu contoh bisnis hijau atau ramah lingkungan yang mulai ramai beredar di Indonesia. Bisnis ini mendapatkan keuntungan dari mengolah sampah menjadi barang yang bernilai tambah ataupun barang yang bisa digunakan kembali. Selain itu, bisnis jenis ini juga hadir dengan kampanye untuk mengajak para konsumennya melakukan gaya hidup zero waste. 

Contoh dari bisnis daur ulang di Indonesia adalah Waste4Change, Rebricks Indonesia, dan Gringgo

2. Bisnis Produk Ramah Lingkungan

Bisnis produk ramah lingkungan merupakan salah satu jenis bisnis hijau yang mudah dan marak dilakukan di Indonesia. Model bisnis ini cukup simpel, dimana produk ramah lingkungan dijual untuk memperoleh keuntungan. Peminat produk hijau di Indonesia pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini membuat bisnis produk ramah lingkungan menjadi model bisnis yang potensial untuk dilakukan. 

Biasanya, produk-produk yang dijual adalah sedotan reusable, alat makan kayu, kosmetik ramah lingkungan, produk fashion dari bahan daur ulang, serta wadah minuman. 

Beberapa contoh bisnis ramah lingkungan di Indonesia yang bisa kamu cek adalah Segara Naturals, Papelpack, dan Sejauh Mata Memandang

3. Bisnis Pertanian dan Makanan Ramah Lingkungan

Makanan adalah hal yang sangat penting dan tidak pernah tidak dibutuhkan. Oleh karena itu, bisnis makanan terus menjamur dimana-mana, termasuk bisnis pertanian dan makanan ramah lingkungan. Bisnis pertanian organik biasanya berupa usaha urban farming atau menggunakan lahan sendiri untuk bertani. Selain itu, model bisnis ini juga bisa menyalurkan hasil tani langsung dari petani ke konsumen. Model ini lebih ramah lingkungan karena memotong jalur distribusi sehingga emisi karbon pun berkurang. 

Model lain dari bisnis jenis ini adalah catering ramah lingkungan, makanan vegetarian, menggunakan ugly produces (buah atau sayur berbentuk abnormal) sebagai bahan makanan, serta menjual produk makanan lokal. 

Beberapa contoh bisnis pertanian dan makanan ramah lingkungan di Indonesia adalah Kecipir dan Vegan Baby

Cerita Saya Kenalan dengan Green Jobs dan Bisnis Hijau

Saya mengenal green jobs pertama kali dari sosial media. Saat itu, saya menemukan sebuah post menarik yang diunggah oleh salah satu LSM lingkungan di Indonesia. Sebagai mahasiswa yang masih bingung menentukan jenjang karir, saya menemukan secercah harapan. Ternyata masih ada pilihan karir di Indonesia yang dapat menghasilkan hal baik untuk lingkungan! Sejak saat itu, saya mulai mencari informasi tentang green jobs lewat internet, berbincang dengan orang-orang yang sudah menjalani green jobs, hingga mengikuti komunitas. 

Salah satu komunitas yang membuat saya makin cinta dengan green jobs adalah EcoBlogger Squad. Saya berkesempatan bertemu dengan blogger-blogger keren yang sama-sama cinta lingkungan. Kami membuat tulisan blog, konten sosial media, hingga challenge untuk mempromosikan aksi jaga lingkungan ala kami. Selain itu, saya juga mendapatkan kesempatan untuk saling berbagi cerita dan keterampilan dengan kakak-kakak blogger
Ternyata, menjalani green jobs nggak harus jadi peneliti atau teknisi green energy, lho! Dengan hal sederhana seperti pembuatan konten atau menulis, kita juga telah menjalani green jobs yang baik untuk lingkungan. 

Selain green jobs, saya pun berkesempatan untuk menjalani sebuah bisnis hijau. Bisnis tersebut saya bangun bersama teman-teman yang sama-sama berminat akan iklim dan lingkungan. Kami mengolah buah-buahan berbentuk abnormal atau jelek (ada sedikit noda, bertekstur, dan sebagainya) menjadi produk cold pressed juice

"Idenya dari mana? Berangkatnya dari mana?" jadi pertanyaan yang sering saya dengar. Pada tahun 2021, saya cukup beruntung untuk dapat mengikuti program hackathon yang diselenggarakan oleh Restless Development dan Unilever. Kami mendapat pelatihan dan dana untuk menjalani program yang bertujuan mencapai SDGs. Oleh karena itu, teman-teman mahasiswa bisa banget memulai perjalanan green jobs atau bisnis hijaunya dengan mengikuti kompetisi dan hackathon!

Ide untuk Kamu Biar Makin Kenal dengan Green Jobs dan Bisnis Hijau: Team Up for Impact

Ada banyak cara dan sumber untuk mengenal green jobs dan bisnis hijau, apalagi saat ini. Tetapi, cara yang bakal saya kasih tahu habis ini bakal beda dan seru banget! Kamu nggak akan sendirian dalam perjalanan mengenal green jobs dan bisnis hijau lebih jauh. Lebih lagi, kamu berkesempatan untuk mendapatkan reward ciamik hingga menanam pohon secara gratis hanya bermodal mengulik green jobs. Penasaran kan? 

Team Up for Impact mengajak kamu untuk menjaga lingkungan melalui berbagai challenge mingguan yang menarik. Ada beberapa jenis challenge yang dapat kamu pilih, seperti makanan, energi, dan sampah. Namun, ada challenge yang menurut saya sangat menarik dan bisa kita lakukan untuk belajar lebih lanjut. Selain itu, challenge ini mudah dilakukan dan hanya butuh modal handphone saja!

green jobs indonesia definisi
Halaman utama Team Up for Impact


Ingin menggali tentang green jobs? Buka website Team Up for Impact di teamupforimpact.org dan pilih button 'Let's Team Up for Impact'. Setelah itu, kamu bisa memilih button 'Ikuti Tantangan' untuk mulai menjalani tantangan harian. Untuk mengikutinya, kamu perlu mendaftar dengan email maupun nomor telepon. 

Setelah mendaftar, kamu sudah siap menjalani challenge! Kamu bisa memilih challenge sesuai dengan minatmu. Jika kamu berminat dengan green jobs dan bisnis hijau, kamu bisa memilih challenge 'Bisnis Hijau'. Lakukan challenge harian untuk mendapatkan 100 poin per challenge. Kamu juga bisa share hasil challenge kamu di sosial media, lho!

Menurut saya, challenge Team Up for Impact di bidang 'Bisnis Hijau' seru dan mudah dilakukan. Kita akan diajak memakai produk lokal, follow akun Instagram dari bisnis-bisnis hijau, hingga mempelajari green jobs. Semuanya hanya modal handphone, gampang banget! 

Selain itu, menyelesaikan challenge di Team Up for Impact bisa bikin kamu dapat reward menarik. Jika kamu berhasil mengumpulkan 1.400 poin, kamu bisa menanam pohon atas namamu di Sumatera maupun Kalimantan. Wah, modal menjalani challenge simpel saja, kamu bisa berdampak besar untuk lingkungan!

Memilih Green Jobs, Memilih Bumi

Nggak bisa dipungkiri, cara untuk menjaga bumi itu banyak banget! Bahkan, dengan melakukan hal yang kita sukai, kita juga bisa menjaga bumi. Itulah prinsip dari green jobs yang kini marak digaungkan. Melalui karir maupun pekerjaan, kita bisa menghasilkan dampak yang positif bagi lingkungan. 

Komentar